Sabtu, 07 Agustus 2010

Panglima TNI Resmikan Monumen Mayor Achmadi


SOLO--MI: Panglima TNI Jenderal Joko Santoso meresmikan Monumen Mayor Achmadi di Kelurahan Stabelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (7/8). Monumen itu diharapkan dapat menginspirasi generasi muda akan sebuah arti patriotisme.

Mayor Achmadi merupakan komandan Tentara Pelajar Detasemen II Brigade 17 yang memimpin pertempuran melawan Belanda dalam serangan umum 4 hari di Solo pada 10 Agusutus 1949. Berkat ketokohannya itu, dia kemudian dipercaya oleh Presiden Sukarno sebagai Komandan Militer Kota (KMK).

Untuk mengenang ketokohannya itulah Keluarga Besar Tentara Pelajar eks TNI Detasemen II Brigade XVII membangun monumen tersebut. Dananya dihimpun dari kalangan eks Tentara Pelajar yang masih hidup.

"Ini tidak mudah. Saya sangat kagum karena eks TP menyumbangkan rupiah demi rupiah untuk membangun monumen ini," kata Joko dalam sambutan singkatnya.

Hadir dalam kesempatan itu Wali Kota Solo Joko Widodo, Wakil Wali Kota Hadi Rudyatmo, Ketua Umum Kerukunan Keluarga Besar eks TP Detasemen II Brigade 17 Soeprapto Boedjosastro dan ratusan anggotanya, Ketua DPRD Solo YF Sukasno, serta ratusan pelajar dari berbagai sekolah.

Selain sebagai tugu peringatan, Joko berharap monumen dapat menjadi salah satu wahana pembelajaran, karena bentuknya sebagai sebuah outdoor museum yang bisa disaksikan masyarakat.

Sumber: MEDIA INDONESIA


0 comments:

Posting Komentar



 

Pindah Ke mik-news.blogspot.com Copyright © 2010 theme is Designed by admin